Minggu, 20 Mei 2012

Deskripsi Gnetum gnemon (Melinjo)


 Gnetum gnemon
(Melinjo)

A. Klasifikasi
Divisio              : Spermatophyta
Subdivisio         : Gymnospermae
Classis               : Gnetinae
Ordo                 : Gnetales
Familia`             : Gnetaceae
Genus               : Gnetum
Spesies              : Gnetum gnemon
B.  Deskripsi
Habitus        :
Habitus dari tanaman Gnetum gnemon berupa pohon dengan ketinggian mencapai ±15 meter.
Akar            :
Sistem perakaran pada Gnetum gnemon adalah sistem perakaran tunggang (radix primaria)
Batang         :
Batang dari Gnetum gnemon berkayu, berbentuk bulat (teres), permukaan rata (laevis) dengan sistem percabangan simpodial.
Daun           :
Daun dari  Gnetum gnemon adalah daun tunggal terdiri dari tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina). Bentuk helaian daun oblongus, ujung daun acuminatus, tepi daun integer dan yulang daun menyirip (penninervis). Duduk daun berhadapan  (folia opposita) tanpa stipula. Daun, jika dipatahkan atau disobek memperlihatkan serabut daun yang menonjol.                     
Bunga          :
Bunganya uniseksualis dioecus, terdapat pada bulir dalam percabangan dichasium. Terletak pada ketiak daun (axillaris), terdapat brachtea pada tiap karangan. Bunga jantan terdiri dari benang sari yang di atasnya terdapat sebaris ovulum yang steril. Bunga betina dalam karangan bulir dengan ovulum yang sebagian fertile yang dibungkus oleh perigonium yang berdaging.
Biji              :   
Biji dari Gnetum gnemon diselubungi oleh selaput luar yang kerad yang disebut integumen luar dan selaput dalam yang disebut integument dalam dan juga diselubungi oleh tenda bunga (perigonium) yang berdaging dan akhirnya berwarna merah jika bijinya telah masak.

5 komentar:

  1. The prеmium's obviously on the beach or business within a block or 2 of it then I would suggest that they learn how much they cost. When you buy popcorn at a business ballpark, fair grounds, amusement park? The most reliable method of determining the cash balance is based on the ratio of negative-to-positive reviews online, and endeavors to offer its perpetual-license model for the company. This could be the most secure Linux/Unix distributions available.

    Here is my page ... albuquerque internet marketing

    BalasHapus
  2. bisnis online
    indoboclub3.blogspot.com

    BalasHapus
  3. MAKASIH BANYAK BERKATMU KLIPING SAYA SELESAI:)

    BalasHapus
  4. Makasih ya atas sharenya dapat menambah pengetahuan
    salam kenal dari Manisan kolang kaling

    BalasHapus