Minggu, 29 Agustus 2010

Morfologi Tumbuhan (Pendahuluan)

Istilah "biologi" berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata "bios" yang berarti kehidupan dan "logos" yang berarti ilmu. Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan. Makhluk hidup merupakan objek pwnwlitian biologi yang sangat luas. untuk mempelajari salah satu aspek pada makhluk hidup secara mendalam akhirnya Biologi berkembang menjadi beberapa cabang keilmuan antara lain:
- Fisiologi
- Embriologi
- Taksonomi
- Ekologi
- Mikrobiologi
- Genetika
- Morfologi
- dll

Morfologi adalah salah satu cabang ilmu biologi. istilah Morfologi berasal dari kata "Morphologia" gabungan dari kata Morphe = bentuk dan Logos = ilmu.
maka Morfologi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari bentuk luar/susunan luar dari tumbuhan.
"Apakah bentuk luar yang dipelajari dalam Morfologi Tumbuhan ini bentuk luar dari semua tumbuhan?"

Tubuh tumbuhan terbagi dua, yaitu Kormus dan Talus. bentuk lua yang akan dipelajari dalam Morfologi Tumbuhan ini adalah bentuk luar tubuh tumbuhan yang berupa Kormus. kormus adalah tubuh tumbuhan yang dengan nyata dapat dibedakan dalam tiga bagian pokok yaitu akar, batang dan daun.

bentuk luar dari tumbuhan meliputi keanekaragaman dari:
- Folium (daun)
- Caulis (batang)
- Radix (akar)
- Flos (bunga)
- Fructus (Buah)
- Semen (biji)
- Gemma (kuncup)
- Tuber (umbi)
- Bulbus (umbi lapis)
- Cirrus (sulur)
- Spina (duri)
- dll

Bagian primer (utama) adalah bila salah satu dari bagian itu tidak ada, tumbuhan tudak akan hidup yaitu bagian Folium, Caulis dan Radix. bagian sekunder yaitu bagian-bagian ini sebetulnya terjadi dari salah satu atau kombinasi dari bagian pokok yang telah mengalami proses metamorfosis (berubah bentuk, sifat dan fungsinya)

Alat Hara (Organum Nutrivum); foliom, caulis, radix, gemma, tuber, bulbus, cirrus, spina. alat-alat tersebut hanya penting untuk pertumbuhan jadi dinamakan juga sebagai alat-alat pertumbuhan atau alat-alat vegetatif.
bagian laon pada tumbuhan yang merupakan alat perkembangbiakan dan berfungsi untuk menghasilkan keturunan baru adalah Organum Reproductivum (bunga, buah, biji).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar